Membangun Ikatan Keluarga yang Kuat : Aktivitas dan Tradisi untuk Waktu Berkualitas

admin

admin

Keluarga merupakan unit terkecil dari suatu masyarakat. Keluarga berkualitasmenjadi suatu penentu kualitas manusia dan budaya. Oleh karena itu, pembangunan keluarga yang kuat tidak bisa diabaikan. Membangun keluarga yang berkualitas dan kuat bukanlah hal yang mudah. 

Sekolah yang pertama adalah keluarga. Keluarga adalah guru pertama yang mengajarkan cara berbicara, berjalan, pembentukan watak, kepribadian, serta kemandirian manusia diawali oleh keluarga, hingga akhirnya karakter bisa dibawa di tengah masyarakat. Keluarga diharapkan bisa menjaga dan merawat anak-anak usia sekolah agar tidak terpengaruh kenakalan remaja. Karena perilaku yang tidak baik dapat mendekatkan diri mereka kepada jurang kehancuran.

Terjadinya perselisihan di dalam keluarga memang biasa terjadi. Maka dari itu, sebuah keluarga yang dapat berhasil melewati konflik dengan baik menjadi tanda sebuah keluarga yang kuat dan harmonis. Berikut adalah manfaat-manfaat sebuah keluarga yang kuat dan bahagia :

  • Keluarga yang bahagia membuat anak merasa aman dan dicintai.
  • Keluarga yang harmonis membuat dinamika pasangan di dalam keluarga lebih baik.
  • Anak yang merasa aman juga membuat perkembangan otaknya lebih maksimal.
  • Apabila anak memiliki kesulitan dalam belajar, makan, tidur dan perilakunya, keluarga yang bahagia akan memberikan motivasi bagi anak untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
  • Keluarga yang kuat cenderung dapat mengatasi konflik dengan lebih baik.
  • Hubungan keluarga yang bahagia adalah fondasi untuk keterampilan anak membangun hubungan atau relasi dengan teman-temannya. 
  • Keluarga yang harmonis dan kompak akan sangat sulit terpecah belah saat menghadapi konflik maupun faktor dari luar lainnya.
  • Setiap anggota keluarga tumbuh dengan komunikasi yang baik, koneksi yang kuat, rasa aman di dalam diri serta kesehatan mental yang baik. 

Jika tadi membahas manfaat-manfaat dari keluarga kuat, maka sekarang akan membahas ciri-ciri dari keluarga yang kuat. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dapat diamati dari sebuah keluarga yang memiliki hubungan yang harmonis, kuat dan bahagia :

  • Kenyamanan

Kenyamanan adalah hal mendasar yang dibutuhkan setiap orang. Semakin nyaman seorang manusia dalam menjalankan hidupnya, semakin besar juga kebahagiaan yang dirasakan manusia tersebut. Ini adalah sebuah indikator kebahagiaan yang paling mudah untuk dikenali. Bila kita merasakan salah satu anggota keluarga merasa tidak nyaman saat berada di rumah, bisa jadi ada hal antar anggota keluarga yang perlu diselesaikan.

  • Saling bertukar Cerita

Bila anggota keluarga suka saling bertukar cerita, contohnya cerita mengenai pasangan, anak yang satu dengan yang lain, maupun anak dengan orang tua, maka ini juga adalah salah satu tanda bahwa hubungan diantara anggota keluarga terjalin dengan baik sehingga memberikan rasa bahagia. Hubungan di keluarga yang tidak baik sering kali dapat dilihat dari anggota keluarga yang suka saling menutup-nutupi masalah yang dihadapi. Tidak ada rasa terbuka satu sama lainnya.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
Chat Sekarang
Ada yang bisa admin dibantu?
Halo Keluarga Santé!
Hallo Santé fams,
Promo special Ramadhan sale
Dapatkan Triple Promo Melimpah (Cashback Up to 300 rb + Free Ongkir + Bonus 2 Sarung Bantal Extra). LEBIH HEMAT sampai Rp 800 rb
Dengan pembelian Alps Series Crocus & Hotel Series Toffee
Periode (4 Maret 2024 - 31 Maret 2024)
DAPATKAN SEKARANG!
× Halo Admin Calvin. Ada promo apa nih?